Simple Things

Diberdayakan oleh Blogger.
Dies Natalis PSB 2014

Jamu Harta Sejarah Kita

Kamis, 11 September 2014



                                                source : http://www.plasafranchise.com/images/posts/68936-jamu2.jpg


        Jamu merupakan salah satu ciri khas dan salah satu harta sejarah Indonesia. Jamu banyak diminati dan sangat digemari sejak jaman dahulu dan beberapa hingga sekarang. Tetapi sangat disayangkan, perlahan-lahan minat orang terhadap jamu mulai menurun.
         
         Berbicara tentang jamu, saya memiliki pengalaman yang sangat susah untuk dilupakan mengenai jamu, yaitu sebuah kisah pada saat saya masih berumur 7 tahun kira-kira menginjak kelas 3 SD. Setiap siang kira-kira pukul 15.00 WIB seorang wanita beruur 30 tahun mengendarai sebuah sepeda yang dibelakang sepedanya terdapat kotak untuk mengisi botol yang berisi cairan kuning kecoklatan, ya itulah bibi penjual jamu yang berada di komplek rumahku.
Beliau bekerja setiap hari keliling komplek dan keliling kota untuk menjual jamu, Awalnya saya tidak tertarik dengan jamu, saya mengira jamu itu adalah kunyit dan temulawak yang diaduk sehingga diminum, dan saya pun tidak menyetujui untuk meminumnya.

         Dengan rasa penasaran saya pun mencoba meminum jamu, ternyata sang bibi menawarkan sebuah jamu instant yang dibuat untuk anak-anak , yaitu jamu "Buyung Upik"jamu ini dikhususkan untuk anak-anak , yaitu jamu dengan ditambahkan unsur rasa seperti coklat, jeruk, stroberi, dan rasa lainnya. 


source : warungjamu.com

         Kemudian hari, saya menunggu bibi penjual jamu keliling, hanya untuk minum jamu anak-anak yang lumayan enak pada saat minum, dan akhirnya rasa ketagihan minum jamu itu muncul. Setelah beberapa hari saya meminum jamu itu, saya merasakan perbedaan, sebagai anak-anak yang sangat aktif di luar, saya sudah tidak mudah lelah dan tidak mudah masuk angin.

         Itu adalah salah satu contoh dari kisah saya tentang jamu. Disini saya berpikir bahwa, Jamu adalah sesuatu yang hebat, yaitu harta yang sangat mahal nilainya, bagaimana tidak, selain menyehatkan, jamu juga merupakan ramuan tradisional Indonesia yang tidak menyebabkan efek negatif.

           Ini juga menandakan bahwa betapa hebatnya jamu, akan sungguh disayangkan apabila jamu itu akan punah dan akan hilang, sudah saatnya tugas kita sebagai penerus bangsa untuk terus mewarisi harta warisan Indonesia ini, agar kelak anak cucu kita bisa tau dan merasakan apa manfaat dari jamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar